Hasilkan 4 Emas Pendapatan Peternak Meningkat

Boloh-Gapoktan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah mengadakan   Temu Lapang Model Integrasi Tanaman Pangan dan Ternak Sapi Menuju Sistem Pertanian Bioindustri  di Lahan Sawah Tadah Hujan.

Acara tersebut di gelar pada hari Rabu tanggal 2 Oktober 2019 di halaman Kandang Komunal Sapi Kelompok Tani Ternak Loh Jinawi III Dusun Boloh I Desa Boloh. Hadir pada kegiatan ini, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan Edhie Sudaryanto, M.M saat itu mewakili Sekda Grobogan, Kepala Dinas Peternakan Kab. Grobogan, Kepala BPTP Jawa Tengah diwakili Prof. Agus Hermawan, dari Pemerintah Desa diwakili Sekretaris Desa Boloh, Sugiyanto para peneliti dan penyuluh lapangan/ PPL Pertanian, Kelompok Ternak, Kelompok Tani, Kelompok Wanita Tani, Polsek, Koramil serta tokoh masyarakat lainnya.

Pada kesempatan ini Ketua Kelompok Ternak Loh Jinawi III Desa Boloh, M Zaenuri, menyampaikan testimoni hasil dari pendampingan BPTP. “Bahwa ada empat emas yang didapat dari peternakan sapi yaitu emas merah berupa daging, emas hitam berupa kotoran sapi, emas kuning berupa urine sapi serta emas putih berupa susu sapi, kalau dikelola dengan benar hasilnya luar biasa untuk menambah pendapatan para peternak” katanya. Dirinya mengakui kalau pendampingan dari BPTP ini bagus sekali karena peternak benar- benar di tuntun cara mengelola ternak secara profesional dan mengelola tanah sawah dengan model legowo yang membawa dampak hasil pertanian lebih bertambah banyak. “Dulu sistem tanam legowo masih asing, di kira hasil panennya menurun tetapi kenyataanya malah meningkat dan saya rasa waktu 4 tahun setara dengan lama orang kuliah, kami merasakan bimbingan BPTP sangat berguna bagi kelompok kami” katanya. Sementara Prof Agus Hermawan mengatakan bahwa di Kabupaten Grobogan pendampingan BPTP Jawa Tengah yang di pusatkan di Kelompok Ternak Loh Jinawi III akan berakhir tahun ini, kecuali ada kebijakan dari menteri terkait  tentunya akan ada perpanjangan.

Acara temu lapang ini juga di isi dengan pameran  hasil olahan pertanian oleh Kelompok Tani Wanita Loh Jinawi III berupa susu kedelai, tahu, tempe, bergedel serta makanan lain. Dipamerkan pula hasil olahan kelompok ternak berupa pupuk fermentasi, pupuk cair dan pakan ternak. (ani)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*