LONTONG PASAR BOLOH, LEBIH GURIH DAN NIKMAT

Boloh- BUMDES. Bila melewati Pasar Boloh di malam hari ada wisata kuliner yang melekat yaitu Lontong Pasar Boloh.  Rasanya kurang lengkap kalau kita lewat dan belum menikmati Lontong Pasar Boloh. Pada malam hari Di Pasar Boloh ada beberapa pedagang lontong yang mangkal,  di pintu masuk pasar ada “Lontong Mbak Tutik”, di pasar selatan ada “Lontong Mas Melir”, di pertigaan barat pasar ada Lontong “Mbak Bibit”, mereka mempunyai ciri khas rasa masing-masing tinggal selera kita mau pilih yang mana, ada lontong sayur ada juga lontong campur.

Selain di Pasar Boloh ada juga pedagang lontong rumahan yang rasanya juga enak dan gurih, yaitu “Lontong Lek Darto” di Dusun Boloh II,  ada “Lontong Lek Solar” dengan sayur kluwehnya di Jalan Raya Dusun Boloh I, ada “Lontong Lek Suwardi Mi” dan “Lontong Lek Suwardi Jahit” di Dusun Kayen.

Sedangkan pada hari pasaran Kliwon dan Pahing banyak sekali pedagang lontong yang jualan di Pasar Boloh dengan harga yang murah meriah, tergantung permintaan pembeli, mau beli yang seharga Rp 2.000,- atau yang Rp 3.000,- para pedagang bisa melayani. Sedangkan di hari luar pasaran tersebut hanya sedikit pedagang yang jualan lontong.

Menurut Kepala Dusun Kayen, Jumari yang ditemui di kantor Desa Boloh pada tanggal 24 September 2019 mengatakan di dusunnya banyak pedagang lontong karena profesi turun temurun, mereka ada yang sudah generasi ke- 3, dan mereka tetap menjaga kualitas rasanya agar para pelanggan selalu puas.

Sedangkan Sekdes Desa Boloh, Sugiyanto menuturkan kuliner Pasar Boloh pada malam hari semakin banyak, hampir semua jajanan ada tetapi yang terkenal adalah Lontong Pasar Boloh. Pemerintah Desa ingin Lontong Boloh pemasarannya  bisa dikembangkan, kalau biasanya hanya tersedia di pagi, sore dan malam hari, mungkin pedagang bisa berinovasi di jajakan di siang hari dan di jajakan secara online. “Jadi kalau berkunjung ke Pasar Boloh atau ke Desa Boloh tidak lupa beli oleh- oleh Lontong Boloh dengan ciri khas dibungkus daun jati” kata Sugiyanto. (Ani)

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *