Sosialisasi SMS Centre Kabupaten Grobogan

Selasa, 13/11 Pemkab Grobogan melalui Humas Setda mengadakan Sosialisasi Sms Centre Kabupaten Grobogan. Sosialisasi diadakan di Pendopo Kecamatan Toroh yang dihadiri oleh perwakilan desa satu Kecamatan Toroh.

 

Acara dipimpim langsung oleh Kabag Humas Setda, Teguh Haryokusumo Rekso Wibowo. Dasar diadakan sosialisasi ini mengacu pada aturan yang ada mengenai keterbukaan informasi dari pemerintah kepada masyarakat ditengah pesatnya kemajuan informasi. Dasarnya antara lain UU No 11 Tahun 2008 tentang Informasi Transaksi Elektronik, UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Menurutnya, dengan adanya UU tersebut, pemerintah kemudian mengubah pola kebijakan yang dijalankan selama ini. Dengan adanya keterbukaan informasi ke masyarakat, pola kebijakan yang awalnya bersifat top down yaitu kebijakan yang ditetapkan dari atas (pemangku kebijakan) kepada masyarakat beralih menjadi bottom up yakni kebijakan yang diambil dari bawah, masyarakat baru dirumuskan ke atas (oleh pemerintahan). Seperti halnya adanya Musrenbangdes merupakan model pola kebijakan bottom up dimana masyarakat ( RT,RW, BPD dan Pemerintah Desa) menggali masalah yang ada di desa kemudian dirumuskan untuk menjadikan prioritas pembangunan di desa tersebut.

Adanya sms centre ini sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu, namun kurang efektif karena kurangnya sosialisasi kepada masyarakat . Nomor Sms Centre pun berubah karena kesalahan teknis. Nomor yang sekarang yang bisa dihubungi adalah 0812 2588 8850

Terkait adanya sms centre ini diharapkan masyarakat dapat memberikan kritik, saran, aduan, dan masukan yang nantinya akan langsung disampaikan pada instansi terkait. Dan bagi pemerindah hal tersebut sangat menguntungkan karena pemerintah menjadi tahu ada masalah, ada kekurangan yang harus diperbaiki sehingga segera diatasi.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *